10-Genre-Fotografi-TerpopulerTak hanya musik saja yang punya genre atau aliran. Namun dunia fotografi juga memiliki berbagai aliran. Nah, kamu perlu tahu sebenarnya hobi foto-foto mu itu tergolong genre yang mana? Kalau sudah tahu kan enak mau meneruskan lebih serius misalnya, tahu kira-kira harus belajar ke mana. Oke, kali ini saya akan bahas 10 aliran atau genre fotografi yang paling populer.

Sebenarnya ada banyak genre/aliran dalam fotografi, tetapi 10 genre berikut inilah yang paling banyak digunakan orang. Berikut ini rinciannya.

1. Wildlife Photography, Kamu Yang Suka Alam Liar

Genre ini adalah aliran fotografi yang mendokumentasikan beragam bentuk satwa yang liar di habitat aslinya. Termasuk genre foto yang keren dan menantang. Tantangannya itulah yang membuat kita sangat puas memperoleh gambar harimau sedang menerkam mangsa misalnya. Fotografer genre ini dituntut bernyali besar karena harus berburu gambar-gambar yang kadang ekstrim.

2. Landscape Photography, Kamu Yang Senang Foto Pemandangan

Aliran ini memiliki ciri khas memotret alam terbuka, baik yang luas maupun mikroskopis. Obyeknya pun alami, namun kadang juga bikinan manusia.

3. Photojournalism/Journalism Alirannya Para Jurnalis

Genre ini adalah bagian dari jurnalisme yang mengumpulkan, mengedit, lalu menyajikan berbagai berita untuk umum. Foto hasil genre ini menjadi bagian penting dari sebuah berita. Karena merupakan bagian dari pemberitaan, maka fotografer genre ini dituntut mematuhi aturan jurnalistik.

4. Portrait/Portraiture Photography

Istilah ini dalam bahasa Indonesia diserap menjadi kata potret. Merupakan aliran fotografi yang mengekspos obyeknya (seseorang atau lebih) dengan menonjolkan ekspresi, kepribadian dan suasana hati. Biasa memfokuskan gambar wajah.

5. Architectural Photography (Foto Arsitektur)

Merupakan aliran foografi yang menjadikan bangunan dan strukturnya sebagai obyek dan representasi keindahannya. Para pelaku genre ini umumnya terampil menggunakan teknik-teknik khusus dan terampil dalam menjalanlan peralatan pendukung.

6. Macro Photography (Makro)

Disebut juga Photomacrography atau Macrography. Yaitu genre fotografi yang menjadikan benda-benda kecil sebagai obyeknya. Hewan-hewan kecil seperti serangga, lalat, bahkan kutu bisa jadi gambar yang unik. Mereka biasa menggunakan teknik foto close-up yang ekstrim.

7. Street Photography (Fotografi Jalanan)

Genre ini menampilkan berbagai kondisi manusia di tempat-tempat umum. Meskipun istilahnya jalanan, namun bukan berarti pelakunya harus memfoto di jalanan. Yang paling penting, obyek foto mengungkapkan tentang karakter manusia dan lingkungannya.

8. Fine-Art Photography, Genre Foto Seni

Genre ini adalah kebalikan dari genre jurnalistik yang menyajikan kabar dengan gambar. Benar-benar seni foto yang menampilkan sisi keindahan dari sebuah obyek.

9. Still Life Photography, Menghidupkan Obyek yang Mati

Genre ini adalah seni menjadikan benda-benda mati menjadi “hidup” dan memiliki kisah. Berbeda dari genre landscape dan potrait yang sekedar mengambil gambar apa adanya, fotografer still life dituntut memberi rasa hidup pada gambar obyeknya. Untuk menghasilkan gambar yang hidup, maka fotografer aliran Still life diberi kebebasan menata elemen foto, pencahayaan dan sebagainya untuk menghasillkan gambar yang “bercerita”.

10. Fashion Photography, Para Model Yang jadi Obyeknya

Sudah jelas dari namanya, foto genre ini menonjolkan pakaian dan barang-barang terkait fashion. Foto genre ini paling sering muncul di majalah dan iklan-iklan fashion. Fotografi fashion semakin berkembang dengan menemukan sisi keindahan tersendiri.

Kira-kira dari 10 genre fotografi terpopuler di atas kamu sering pakai yang mana? Oh ya, agar foto acaramu bisa didokumentasikan dengan genre tertentu dan menghasilkan gambar yang unik, maka konsultasikan saja kepada Mas Bos untuk kesempurnaan dokumentasi eventmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *