4-Kamera-Prosumer-Superzoom-Terbaik-2017Di pasaran ada banyak pilihan kamera yang beragam jenisnya. Yang paling populer adalah kamera DSLR bagi para fotografer, kamera mirrorless bagi yang menginginkan kualitas gambar DSLR namun nggak ingin ribet soal lensa. Nah, di tengah-tengah keduanya ada kamera prosumer yang juga bisa jadi pilihan. 4 kamera prosumer dengan superzoom terbaik berikut ini sepertinya bisa Anda jadikan pilihan.

Jika Anda ingin tahu bedanya kamera mirrorless, DSLR dan prosumer, secara gampangnya begini. Kamera DSLR adalah yang memiliki cermin dan jendela bidik optik sehingga bisa menghasilkan gambar berkualitas. Sebaliknya, kamera mirrorless adalah kamera tanpa cermin dan jendela bidik sehingga bentuknya lebih ringkas, namun dilengkapi sensor sehingga mampu menghasilkan gambar berkualitas DSLR. Sedangkan prosumer adalah kamera yang memiliki lensa yang tak bisa digonta-ganti seperti DSLR.

Kalau kamera DSLR memiliki bermacam ukuran lensa yang dapat diatur, mirrorless tanpa lensa tapi mengandalkan sensor, maka prosumer ini memiliki lensa tapi fiz dan tak bisa diganti-ganti lagi. Karena itu prosumer disebut juga sebagai kamera compact. Jika anda mencari referensi tentang kamera prosumer terbaik, berikut ini 4 di antaranya.

1. Canon Power Shot G3 X

Kamera ini merupakan prosumer dengan zoom tinggi yang dibekali 25x Zoom optik plus sensor CMOS tipe 1.0 inci. Canon G3 X memiliki lensa dengan jarak fokus 24mm s/d 600 mm. Selain itu kamera prosumer ini mampu menghasilkan rekaman video resolusi Full HD 60P.

Canon memang tergolong merek yang sudah sangat populer. Khusus kamera Canon G3 X mampu menghasilkan gambar hingga resolusi 20,2 MP. Dengan dukungan 25x optikal zoom membuat jarak yang jauh tak jadi halangan untuk menghasilkan gambar yang berkualitas. Kamera ini memiliki layar sentuh 3,2 inci. Harganya juga tergolong menengah, yaitu Rp11,3 juta.

2. Panasonic FZ1000

Kamera prosumer ini tergolong yang terbaik dengan valid pixel mencapai 20.1 MP dan sensor CMOS 1 inci. Optika zoom-nya adalah 16x ditambah digital zoom 4x. Sementara untuk merekam video, Panasonic FZ1000 ini mampu menghasilkan video dengan kualitas 4k. kameranya memiliki resolusi hingga 20,1 MP dengan aperture f/2.8. dengan begitu kamera psorumer satu ini bisa digunakan di tempat yang cahayanya kurang terang. Harganya masih tergolong di bawah 10 jutaan, yaitu Rp9,4 juta.

3. Nikon Coolpix P610

Kamera prosumer superzoom terbaik selanjutnya masih dari Nikon, yaitu Nikon coolpix p610. Kamera ini memiliki resolusi 16,1 MP dengan sinsor 1 inci serta memiliki kemampuan optikal zomm hingga 60 kali. Ukuran optikal zomm yang sangat besar. Selain itu dibekali dengan fitur NFC dan Wifi untuk mempermudah pemindahan data. Dari sisi bodinya kamera ini mirip dengan kamera DSLR. Namun demikian harga Nikon coolpix p610 masih terjangkau, yaitu sekitar Rp5 jutaan.

4. Sony Cyber-shot DSC-RX10 II

Kamera selanjutnya dari Sony, yaitu Sony Cyber-shot DSC-RX10 II atau disebut juga DSC RX10 yang merupakan salah satu prosumer superzoom terbaik. Selain itu juga tergolong kamera kelas menengah karena harganya mencapai Rp19 juta hingga 22 jutaan.

Spesifikasi yang ditawarkan adalah mirip dengan Canon G3 X. memiliki sensor 1 inci dan menyajikan resolusi 20,2 MP. Namun kamera kompak ini tidak disertai optikal zoom. Namun demikian mampu menghasilkan gambar yang berkualitas. Kamera ini juga cocok untuk merekam video 4K.

Masih banyak kamera prosumer superzoom yang bisa Anda pilih. 4 kamera prosumer superzoom terbaik yang kami sebutkan hanya sebagian saja. Silakan memilih sesuai dengan kebutuhan dan ketersediaan dana. Namun jika hanya untuk keperluan sementara, ada baiknya memanfaatkan jasa sewa kamera profesional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *