4-Tips-Ampuh-Membuat-Konten-Video-YouTube-Marketing

Jutaan pengunjung YouTube setiap harinya adalah pasar yang jelas-jelas menggiurkan untuk pemasaran bisnis Anda, baik itu produk barang ataupun jasa. Jadi sangat disayangkan kalau hingga saat ini Anda masih berkutat dengan pemasaran yang begitu-begitu saja. Atau sudah merasa cukup dengan yang sekarang? Yakin nggak akan tergeser dengan pesaing muda yang lebih berkembang? Karena posisi Video marketing via Youtube sangatlah penting, ada baiknya Anda coba tips membuat konten video YouTube Marketing dengan mudah agar mencicpi dan makin tertarik.

Sebelum melanjutkan pembahasan, jika Anda belum mengerti cara pembuatan dan optimasi channel YouTube untuk bisnis, silakan baca lagi artikel yang ini. Salah satu hal yang sebaiknya Anda hindari ketika membuat dan mengunggah video ke YouTube adalah membuat judul yang menarik tapi ternyata tidak seseuai dengan isi video Anda. Ini akan membuat sebagian besar pengunjung jadi jengkel dan menyumpahi bisnis Anda. Wah, ngeri!

4 Tips Ampuh Membuat Konten Video YouTube Marketing

Konten saluran YouTube bisnis Anda tidak harus melulu berisi video marketing ataupun comopany profile garapan profesional. Tetapi sebagai selingan dan penguat konten di saluran Anda, maka harus Ada video yang biasa-biasa saja namun bagus. Seperti apa kiatnya?

1. Maksimalkan Kualitas Suara Agar Nyaman Didengar

Kalau memang video Anda termasuk yang harus menggunakan suara, maka harus dengan suara yang jelas dan maksimal. Jangan sampai suara yang mengiringi visual dalam video kalah oleh musik latar ataupun terganggu suara-suara dari lingkungan. Jika ada budget belilah microphone yang berkualitas dan mendukung proses shooting. Kalaupun belum bisa, maka untuk menghilangkan gangguan dalam rekaman suara/noise, maka Anda harus pakai software tertentu seperti Audacity.

2. Sertakan Lighting Yang Bagus Dalam Proses Shooting

Untuk merekam video dalam ruangan maka Anda perlu pencahayaan yang memadai. Meski dengan kamera murah sekalipun, dengan pencahayaan yang tepat maka hasilnya pun tak kalah bagus. Pelajari juga pengaturan kamera agar hasil videonya lebih terang.

3. Gunakan Teknik Jump Cut Dalam Editing Video

Teknik ini sebenarnya awal-awal dipopulerkan oleh Jean-Luc Godard melalui filmnya, Breathless (1960) mengundang kontroversi. Namun seiring perkembangan, teknik ini akhirnya bisa diterima dan banyak dipakai. Jump cut merupakan pemotongan adegan dalam video yang lalu disambung dengan adegan atau sudut pengambilan yang berbeda. Dalam editing, teknik ini menjadi proses penggabungan beberapa klip pendek.

Dengan teknik ini Anda akan lebih ringkas dalam membuat video tertentu sehingga yang ditampilkan adalah momen-momen yang sesuai. Dengan teknik ini maka Anda bisa meminimalisir kesalahan dalam proses shooting.

4. Gunakan Kamera Yang Sesuai Untuk Proses Perekaman

Cara yang terakhir adalah dengan menggunakan kamera yang memiliki kualitas memadai. Sesuaikan saja dengan ketersediaan budget Anda. Banyak pilihan kamera yang terjangkau kok, baik itu dari kamera poket, kamera prosumer, kamera action, mirrorless maupun DSLR.

Saat ini kamera yang sering dipakai para Youtuber adalah kamera action seperti GoPro dan Xiaomi Yi. Selain portable, kualitas gambar yang dihasilkan juga jernih sekali. Namun tinggal mempertimbangkan di mana saja Anda akan melakukan pengambilan gambar. Jika dalam ruangan maka yang cocok adalah kamera mirrorless. Sedang untuk luar ruangan yang bagus adalah kamera action.

Oke, sudah siap mengisi saluran YouTube Bisnis Anda dengan video-video marketing yang menarik? Semoga 4 tips ampuh membuat konten video YouTube Marketing di atas bisa membantu Anda. Jangan lupa, untuk mendapatkan video yang profesional dengan harga terjangkau, konsultasikan saja dengan Mas Bos Multimedia yang sudah berpengalaman sejak 2012. Buktikan saja kualitasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *