
Apakah brand itu penting untuk bisnis Kamu? Tahukah Kamu jika brand dalam bisnis dapat mengurangi biaya pemasaran dan meningkatkan pendapatan untuk bisnis Kamu. Tetapi jika Kamu tidak mengeksekusi brand secara konsisten, branding Kamu hanya mengarah pada kebingungan dan Kamu hanya melewatkan banyak peluang.
Beri brand bisnis Kamu untuk bisa sukses dengan strategi pemasaran digital. Tingkatkan visibilitas dan keterlibatan di seluruh saluran pemasaran. Ubah interaktor tersebut menjadi pelanggan melalui branding yang efektif. Penasaran apa saja tips sukses untuk membranding bisnis Kamu melalui digital marketing?
Apa itu Branding?
Branding adalah segala sesuatu yang membantu target pelanggan Kamu mengenali perusahaan secara instan.
Brand sendiri mencakup hal-hal seperti:
- Nama Perusahaan
- Logo
- Skema warna
- Slogan
- Font
- Metode periklanan
- Pesan
Semakin konsisten Kamu dengan komponen branding dasar ini, semakin besar kemungkinan seseorang untuk mengenali brand bisnismu.
Tips Sukses untuk Branding Bisnis Melalui Digital Marketing
- Tetapkan Goals
Bangun strategi brand Kamu, beberapa tujuan untuk branding bisnis adalah:
- Mampu membebankan premi untuk brand Kamu. Orang akan membayar 10 juta untuk iPhone seri terbaru padahal mereka bisa mendapatkan Samsung yang sebanding spesifikasinya hanya dengan mengeluarkan 4 juta saja? Mengapa? Ya, karena brand itu.
- Mempertahankan pelanggan. Secara konservatif, pelanggan setia nilainya sama dengan 10X pembelian pertama. Kamu memiliki peluang 5% untuk menjual ke pelanggan baru. Namun Kamu akan memiliki peluang 20% -30% untuk menjual ke pelanggan yang sudah mengenal brand Kamu
- Tingkat konversi yang lebih tinggi. Ketika Kamu mengkonversi persentase lalu lintas yang lebih tinggi dengan lebih mudah, biaya perolehan akan turun sementara pendapatan naik.
Jika tujuan Kamu berbeda, pertimbangkan apa itu sebagai langkah pertama agar brand bisnis Kamu sukses.
- Tinjau Siapa Pelanggan
Salah satu tujuan branding adalah agar disukai brand bisnis Kamu disukai oleh target potensial. Buat hal-hal berikut untuk mendiskripsikan pelanggan idealmu seperti :
- Tujuan
- Tantangan
- Apa yang mereka suka
- Tempat mereka nongkrong
- Memiliki situs web yang responsif
Memiliki situs web yang responsif adalah satu-satunya faktor terpenting dalam mengembangkan brand digital. Web adalah pokok utama untuk semua yang Kamu lakukan dalam memberi brand bisnis secara online.
Apakah Kamu berbagi konten di media sosial, menjalankan iklan atau mengirim email, Kamu harus mengarahkannya kembali ke situs web Kamu. Dari sana, target potensialmu akan menjelajahi layananmu, meninjau studi kasus, mendaftar untuk uji coba gratis, membeli, dan lainnya.
Jika situs web lambat, tidak ramah seluler, atau sulit dinavigasi, maka masalah tersebut memengaruhi cara orang tersebut melihat brandmu. Situs web yang responsif adalah pusat perhatian saat memberi brand pada bisnis kecil. Hal itu juga berlaku untuk toko online atau penyedia layanan lokal.
- Buat Konten yang Menarik
Setelah Kamu melakukan langkah ketiga, Kamu dapat mulai menghasilkan konten. Konten apa pun yang Kamu tulis sangat berguna untuk:
- Tingkatkan kesadaran brand
- Membangun kepercayaan
- Hasilkan lead
- Konversikan prospek menjadi pelanggan yang membayar
- Memelihara pelanggan yang sudah ada
- Tingkatkan aktivitas promotor
Untuk memenuhi tujuan di bidang ini, buat:
- Tajuk media sosial
- Blog
- Video
- Halaman arahan
- Iklan
- Bangun Brand Kamu Secara Digital dengan Pemasaran Multi-Channel
Pemasaran multi-channel menjangkau orang-orang melalui berbagai saluran online. Setiap saluran memiliki cara unik untuk terhubung dengan pelanggan. Saluran tidak hanya mencakup platform media sosial seperti Facebook dan Instagram. Saluran iklan bisa termasuk pemasaran email, iklan bergambar di situs web dan saluran digital lainnya.