Baik Kamu bercita-cita menjadi videografer media atau hanya ingin tahu cara merekam video yang terlihat profesional, Kamu membutuhkan lebih dari sekadar peralatan yang bagus. Menguasai beberapa tips video dasar akan mengurangi rasa frustrasi yang dialami banyak videografer. Tak lama, trik standar akan menjadi sangat rutin sehingga Kamu akan dapat berkonsentrasi pada kreativitas dan bukan hanya dasar-dasarnya. Yuk, cari tahu tips mengambil video yang menarik.

Cara Mengambil Video bagi Pemula agar Seperti Videografer Profesional

  1. Rekam Video dengan Stabil

Tripod adalah jawaban yang mudah untuk menghasilkan video yang stabil, tetapi jangan bergantung padanya. Kamu dapat merekam video secara stabil tanpa menyeret banyak peralatan. Posisikan tubuh Kamu sehingga setiap napas yang Kamu ambil tidak mengarah pada gerakan kamera yang tidak diinginkan.

Gunakan tanah, dinding, atau objek lain untuk menguatkan kamera dan mendapatkan perspektif visual yang menarik. Dengan menggunakan tripod, Kamu memiliki kebebasan untuk bergerak di sekitar pemandangan tanpa berlabuh di satu tempat.

 

  1. Menghasilkan Bidikan Kreatif

Jika Kamu tidak ingin video Kamu terlihat seperti berasal dari kamera pengintai, Kamu harus belajar bermain dengan sudut dan perspektif. Memproduksi video yang menarik melibatkan mempelajari teknik pemotretan kreatif.

Seorang pemula cenderung untuk menembak segala sesuatu dari sudut ruangan atau menjauh dari aksi. Dengan menempatkan diri Kamudi tengah-tengah apa yang terjadi, Kamu akan mendapatkan gambar yang tidak mungkin dari kejauhan. Percobaan dengan sudut yang berbeda dengan memotret di atas dan di bawah subjek akan menghasilkan bidikan yang bagus.

 

  1. Berlatih Widescreen

Dengan prevalensi kamera ponsel cerdas, bahkan video rumahan cenderung menggunakan format widescreen, seperti rasio 16: 9. Pikirkan bagaimana Kamu dapat membuat ruang visual ekstra ini bekerja untuk Anda.

Kamu dapat menangkap lebih banyak konten dalam satu bidikan, tetapi ingat bahwa widescreen tidak berarti memotret semua bidikan lebar. Televisi masih merupakan media yang intim. Tampilan wajah yang dekat akan menunjukkan lebih banyak emosi daripada tembakan sekelompok orang.

  1. Hindari Zoom dan Pans yang Tidak Perlu

Jika Kamu merekam adegan aksi, biarkan gerakan yang terjadi secara alami mendominasi videomu. Hentikan menambahkan zoom dan pans acak, yang mengalihkan perhatian dari tindakan. Ada saatnya untuk memperbesar atau menggeser.

Di sebuah acara olahraga, videografer profesional mengikuti aksi dengan mengikuti bola. Itulah motivasi di balik memiringkan kamera ketika seorang pemain bisbol memukul bola t atau panning selama bermain ganda. Biarkan tindakan menentukan waktu yang tepat.

  1. Dapatkan Hasil yang Baik Saat Merekam di Luar Ruangan

Kamu akan berpikir bahwa videografi outdoor akan sederhana karena matahari memberikan pencahayaan, tetapi untuk mendapatkan hasil outdoor yang terbaik, Kamu harus memperhatikan posisi matahari dengan cermat.

Bidik dengan matahari di belakangmu. Jika Kamu merekam orang, mereka mungkin mengeluh tentang melihat langsung ke sinar matahari, tetapi memberi tahu mereka bahwa bidikan yang Kamu dapatkan akan jauh lebih baik daripada jika mereka terpapar siluet melawan matahari.

Semua teknik di atas akan mudah untuk dijalankan selama Kamu mau tekun dalam berlatih. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *