Anda mungkin berpikir tidak ada cara untuk mengatur acara dengan tanpa modal, tapi percayalah, semua benar-benar mungkin terjadi. Hal yang perlu Anda butuhkan adalah kesabaran dan tekad untuk memulai bisnis perencanaan acara Anda sendiri, tetapi Anda tentu tidak perlu mengumpulkan modal. Koordinasikan secara ketat proyek Anda, penuhi tenggat waktu yang telah Anda tetapkan untuk diri sendiri dan gigih.

Mau Bikin Event Tanpa Keluar Anggaran? Coba Trik Ini

  1. Ide dan Konsep

Setelah Anda datang dengan ide acara, ingatlah untuk fleksibel. Berikan diri Anda ruang untuk modifikasi dan pengembangan ide. Setelah Anda menyelesaikan ide, lanjutkan ke pengembangan konsep acara.

Konsep ini akan memberi Anda lebih banyak keunggulan kompetitif; itulah yang akan membuat acara Anda menonjol dari yang serupa. Konsep acara dapat mencakup hal-hal seperti desain, kolaborasi, dan kemitraan dengan perusahaan, teknologi, lokasi, dan lainnya. Saat ini, sebagian besar even planner bercita-cita untuk mengadakan acara yang ramah lingkungan meliputi daur ulang, fokus pada iklan online dan lainnya.

  1. Tentukan audiens

Menentukan audiens untuk acara tidak boleh dianggap remeh. Audiens adalah kunci untuk menemukan sponsor dan mitra yang tepat. Jadi, tanyakan pada diri Anda pertanyaan-pertanyaan ini: Apakah niche acara saya, dan akankah tipe individu / bisnis tertentu muncul?

Sebelumnya, audiens apa yang menarik perhatian pembicara acara? Mengingat pentingnya kehadiran, kelompok apa yang akan hadir? Jika terlalu mahal, mungkin banyak orang tidak akan tertarik untuk hadir. Bersiaplah untuk memberikan diskon dan mengatur periode promosi. Juga, pertimbangkan lokasi dan waktu acara untuk memperkirakan siapa yang dapat hadir.

  1. Buat agenda

Setelah Anda menyelesaikan konsep dan memperkirakan peserta yang diharapkan, mulailah berpikir tentang agenda acara. Apakah Anda ingin mengadakan acara sepanjang hari? Siapa pembicara yang bisa Anda undang? Bergantung pada jawaban Anda, Anda dapat mulai mencari tempat, mitra, dan sponsor yang tepat.

  1. Temukan tempat yang tepat

Tempat menjadi hal yang sangat penting. Dalam kasus apa pun, siapkan proposal kemitraan untuk lokasi yang Anda pilih. Tujuannya adalah untuk menemukan tempat yang Anda miliki minat bersama sehingga Anda dapat bernegosiasi untuk menggunakannya secara gratis.

  1. Undang pembicara yang mau gratis

Untuk menarik pembicara secara gratis ke acara Anda, Anda harus memiliki rencana acara yang dikembangkan dengan baik yang menunjukkan semangat Anda dapat menawarkan kepada mereka daftar manfaat yang tak tertahankan setelah kehadirannya. Untuk setiap pembicara ini akan berbeda, tetapi yang umum adalah mempopulerkan nama / merek di antara audiens yang ditargetkan, serta peluang iklan.

Jangan menjadi melankolis dan takut untuk ditolak, optimislah dengan mengubah proposal Anda sebagus mungkin agar diterima.

  1. Temukan partnership

Partnership tidak sulit untuk didapatkan. Hubungi perusahaan seperti vendor kopi dan makanan, sehingga Anda bisa menyediakan minuman di acara Anda. Anda juga dapat menawarkan mahasiswa desain untuk memperluas portofolio mereka dengan membuat materi promosi dan lainnya untuk acara tersebut.

  1. Temukan sponsor

Pertama, Anda perlu mempertimbangkan dengan cermat perusahaan dan organisasi mana yang akan tertarik untuk mensponsori acara Anda dan apa manfaat yang ditawarkan sponsor ini kepada mereka.

Perusahaan yang mensponsori tertarik pada audiens dan topik acara ketika mereka menentukan apakah acara Anda adalah tempat yang tepat untuk mempromosikan merek mereka. Yang terpenting, sponsor adalah cara menghubungkan merek.

Bagaimana? Tidak begitu sulit bukan untuk mencoba 7 trik dalam  mengatur sebuah event tanpa modal atau anggaran. Yuk, bersiap-siap buat proposal acara yang semenarik mungkin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *