Ada-Apa-Dengan-Cinta-2014-jeniusnya-iklan-line

Film Ada Apa Dengan Cinta (AADC) merupakan film yang pernah menghebohkan Indonesia di tahun 2002. Film garapan Rudi Soedjarwo yang dibintangi oleh Dian Sastrowardoyo dan Nicholas Saputra itu menjadi salah satu film paling fenomenal di masanya. Nah, di tahun 2014 lalu tiba-tiba AADC hadir kembali menghentakkan para penggemarnya. Eh, ternyata AADC versi 2014 hanyalah mini drama dengan sisipan promosi fitur Find Alumni dalam aplikasi LINE.

Mini drama yang berdurasi hanya 10 menit itu sukses menjadi trending topik di berbagai media sosial dengan hastag #AADC2014. Kisahnya dibuat sebagai kelanjutan film AADC 2002 yang menggantung. Tetapi kisah dalam versi 2014 ini pun akhirnya juga menggantung.

Mengingat lagi boomingnya AADC 2014, di sini akan kita ulas bagaimana jeniusnya LINE merebut hati pemirsanya dan mengenalkan fitur unggulan tanpa harus membuat pemirsa sedang menonton iklan.

AADC 2014 Adalah Iklan Sangat Cerdas

Aplikasi LINE sebenarnya tak jauh beda dengan WhatsApp yang kini bergabung dengan Facebook. Merupakan aplikasi berkirim pesan dengan berbagai fitur unggulan masing-masing. Namun kehadiran LINE terbilang masih baru. Aplikasi asal Jepang ini baru resmi dirilis tahun 2014 dan hingga saat ini, 3 tahun berjalan sudah menempati posisi jumlah pengguna terbanyak ke-7 di Indonesia. Seperti laporan comScore yang dikutip dari Techinasia.com.

Bagaimana AADC 2014 dikatakan sangat cerdas? Ya, karena mini dram tersebut benar-benar bisa menjadi hiburan bagi pemirsanya. LINE telah membaca kerinduan pecinta film AADC yang berakhir menggantung. Dengan membongkar kembali film lawas dan membuat bagian lanjutan yang singkat namun bermakna, LINE mampu hadir menyusup dalam ingatan pemirsa AADC 2014.

Pesan singkat Love, Life, dan Line menjadi seperti hipnotis sehingga pengguna LINE meningkat pesat. Apalagi di sepanjang film pendek tersebut, nampak sekali komunikasi terpaku dengan penggunaan LINE. Rangga yang telah 12 tahun menghilang tiba-tiba hadir kembali menyapa Cinta.

Sebagai pendatang baru di dunia aplikasi pesan lewat aplikasi smartphone LINE memang harus memeras kecerdasannya untuk mengenalkan diri. Dan itu berhasil sempurna dengan integrasi jenius jalan cerita dengan pengenalan fitur aplikasi.

Efek Iklan Gaya LINE

Dalam seminggu saja penonton AADC 2014 telah mencapai 3 jutaan, sedangkan hingga kini jumlahnya telah mencapai 6 juta lebih. Sementara hastag #AADC 2014 di Twitter menembus angka tertinggi. Benar-benar strategi pemasaran yang sempurna.

Hasilnya setelah populernya film tersebut, pengguna LINE meningkat hingga 700%. Hebat bukan? Kolaborasi sempurna LINE dengan Miles Production berhasil menarik perhatian dan memanen efek domino yang luar biasa.
Sejak itulah periklanan Indonesia mulai memiliki warna baru. Lahirlah berbagai video-video iklan berbentuk drama, mini drama, hingga drama berseri. Unik-unik, lucu, dan menggelitik dan ada juga yang menyentuh hati.

Iklan Cerdas Yang Hemat Biaya

Sisi lainnya, pembuatan mini drama AADC 2014 jika kita lihat jalan ceritanya hanya memerlukan sedikitnya 6 orang pemeran saja. Nah, tentu membuat film pendek dengan 6 orang pemain inti dan tim produksi tak akan memakan biaya sebesar iklan lewat televisi selama berbulan-bulan. Cukup buat film pendek, unggah ke YouTube, iklankan dengan beberapa platform, dan Booom!!

Dan mini drama AADC 2014 itu masih terus akan menyuarakan slogan Love, Live, Line selama belum dihapus dari YouTube. Dan ingat … selebihnya gratis. Nah, sudah siap dengan ide kreatif untuk memasarkan bisnis Anda? Jangan takut berinovasi dan berkreasi. Dan, untuk urusan membuat video marketing berkualitas dan memukau, hubungi saja Mas Bos Multimedia yang sudah siap dengan berbagai divisi usahanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *