7-Aplikasi-Untuk-Editing-Video-Gratis-Terbaik-untuk-MacBook

Seperti pernah disinggung sebelumnya dalam perbandingan antara MacBook vs PC Windows, masalah utama bagi pengguna produk Apple adalah pada harganya yang mahal. Selain memang diperuntukkan untuk kalangan profesional, Apple selalu mengikat penggunanya dengan aplikasi berbayar. Tetapi ada lo 7 aplikasi editing video gratis yang bisa Anda pakai untuk MacBook.

Aplikasi seperti Adobe Premier, After Effects, ataupun produk Appel sendiri, Final Cut, harganya tidaklah murah. Jika Anda sudah keluar biaya banyak untuk membeli MacBook tentunya terasa berat kalau harus membayar aplikasi editing video. Jadi tak ada salahnya Anda coba aplikasi gratis untuk MacBook berikut ini.

  1. iMovie Aplikasi Bawaan MacBook

Ya, sebenarnya dalam perangkat lunak Apple sudah ada aplikasi bawaan yang bisa Anda gunakan untuk editing video. Aplikasi ini merupakan bagian dari iLife Suite yang bisa Anda gunakan untuk editing sederhana. Fitur yang tersedia mencakup Face Recognition, efek, tema, timeline view dan penyisipan suara dan animasi.

  1. Blender

Blender juga bisa Anda gunakan secara gratis untuk mengedit video di MacBook. Aplikasi ini cukup tangguh dalam hal pengerjaan modeling dan penggabungan 3D. Banyak sudah video yang diproduksi dengan memanfaatkan aplikasi ini.

Bagi Anda yang masih pemula tak perlu khawatir. Karena sudah banyak situs yang menyediakan tutorial bagi pemula yang menggunakan aplikasi Blender.

  1. Kdenlive

Aplikasi Kdenlive juga bisa Anda jadikan pilihan untuk editing video di MacBook secara gratis. Aplikasi ini terkenal karena ia bisa juga digunakan untuk Linux.

  1. Jahshaka

Aplikasi editing video Jahshaka belumlah sempurna. Pengembang dan kontributornya masih harus menyelesaikan banyak pekerjaan untuk menyempurnakan aplikasi ini.Tetapi aplikasi yang sebelumnya bernama CineFX ini cukup untuk mengerjakan efek dan menggabungkan video. Selain itu aplikasi ini juga lintas OS sehingga bisa digunakan juga untuk Linux dan Windows.

  1. VideoLAN Movie Creator

Aplikasi Video LAN Movie Creator (CLMC) ini juga masih dalam tahap pengembangan. Meskipun agak lambat perkembangannya, namun aplikasi ini cukup menjanjikan. Coba saja kunjungi situs resminya dan pantau perkembangannya.

  1. Avidemux

Avidemux merupakan varian lain dari Linux, namun fiturnya masih sangat mendasar dan ketinggalan zaman. Namun demikian Avidemux bisa Anda gunakan untuk mengerjakan tugas editing sederhana serta mendukung input dan output dalam berbagai format.

  1. Lightworks

Aplikasi ini merupakan aplikasi editing video untuk profesional  yang open source. Lightworks telah mulai populer sejak 2010 dan menyediakan versi berbayar dan gratisan. Jadi Anda bisa memanfaatkan versi gratisnya untuk mengerjakan tugas editing video. Tentunya versi berbayar dari aplikasi ini memiliki dukungan fitur yang lebih banyak lagi.

Itulah 7 aplikasi gratis editing video untuk MacBook yang bisa Anda jadikan pilihan. Selagi belum bisa mendapatkan aplikasi profesional berbayar, tentunya aplikasi tersebut bisa membantu kinerja Anda. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *