https://siedoo.com/

 

Semua orang ingin menjadi kreatif tetapi banyak orang kurang percaya diri ketika harus menghasilkan ide-ide. Tidak perlu takut karena siapa pun dapat menjadi kreatif. Namun  yang harus dilakukan adalah membina kondisi yang tepat untuk mewujudkannya. Butuh dosis inspirasi? Kiat-kiat di bawah ini akan membuat Anda tetap menghasilkan gagasan yang kreatif. Berikut beberapa tipsnya.

Tips Mengasah Ide Kreatif Anda

  1. Jadikan pembentukan ide sebagai kebiasaan

Berkomitmen untuk memunculkan satu ide setiap hari akan membangun otot kreativitas Anda, sama seperti rutinitas sehari-hari. Jika Anda pergi ke gym dengan tujuan ingin menjadikan tubuh lebih ramping dan lebih kuat, maka Anda harus melakukannya berkali-kali bukan?

Sama halnya dengan menjadi kretaif. Akan sangat sulit untuk menjadi kreatif hanya  dengan satu atau dua ide fantastis, Anda harus memikirkan ratusan ide dan buat kebiasaan untuk mengasah ide tersebut.

  1. Banyak baca

Kemampuan Anda untuk menulis dengan baik tergantung pada kemampuan Anda untuk berpikir seperti seorang penulis. Dengan membaca lebih banyak, Anda akan memaparkan diri Anda pada pemikiran penulis lain, seperti yang dituliskan di atas kertas.

Cobalah untuk mengekspos diri Anda sendiri ke banyak genre yang berbeda. Baca koran, majalah, blog, buku teks, novel, buletin, dan puisi. Jadilah pembaca aktif, garis bawahi bagian-bagian teks yang beresonansi dengan Anda. Perhatikan struktur kalimat, pilihan kata, dan nada.

Saat Anda membaca, ingat juga audiensi yang dituju dan tujuan dari apa yang Anda baca. Sebagai contoh, surat kabar dan majalah umumnya ditulis untuk memberi informasi dan melibatkan audiens mereka. Gaya mereka akan berbeda dari buku teks atau karya ilmiah, yang ditulis untuk memberi informasi kepada audiens tentang topik atau bidang tertentu..

  1. Tinggalkan kantor

Lingkungan bisnis yang khas dengan rencananya yang tersistematis hanya akan membuat Anda penuh dengan gangguan dan merusak kreativitas. Coba refresh otak Anda, ke mana Anda dapat pergi untuk periode waktu yang jauh membuat Anda jauh dari email, telepon a, dan rekan kerja untuk berkonsentrasi hanya pada menumbuhkan ide-ide segar.

Jika Anda ingin menulis laporan yang panjang, mendesain presentasi, atau mencoba menghasilkan beberapa solusi inovatif, Anda mungkin memerlukan dua hingga tiga jam kedamaian dan ketenangan secara harfiah. Namun untuk menunggu inspirasi datang menyerang, Anda hanya perlu memakan waktu 45 menit sampai satu jam hingga bisa masuk ke zona kreatif dengan keadaan mengalir.

  1. Keluar dari zona nyaman

Zona produktivitas dan kreativitas yang tampaknya keluar dari kebiasaan sehari-hari – adalah kondisi yang banyak dicari. Tetapi Anda tidak akan memilikinya setiap hari, artinya Anda harus mendorong diri sendiri keluar dari zona nyaman dan melalui rintangan, bukannya berkubang dalam frustrasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *