Uang tidak menyelesaikan segalanya. Semua orang dapat melihat kembali pekerjaan yang memberinya bayaran besar tetapi budaya kerja bisa jadi menjadi hal yang tidak mungkin dihadapi. Ada orang yang juga menghabiskan banyak waktu di kantor, dan kenaikan gaji bukan lagi satu-satunya hal yang mendorong kebahagiaannya.

Lalu apa sih yang bisa membuat karyawan itu merasa bahagia bekerja tanpa memikirkan berapa jumlah gajinya?

  1. Memberi berbagai pekerjaan

Terkadang, yang diperlukan hanyalah perubahan kecepatan untuk memicu kebahagiaan karyawan. Dengan menawarkan beragam pekerjaan kepada karyawan, kita dapat menunjukkan mengapa posisi mereka dalam bisnis itu penting. Jika seorang karyawan terjebak pada proyek yang sulit, tantangan baru dapat menghilangkan tekanan kinerja dan mendorong mereka melihat sesuatu dari perspektif yang berbeda.

74% karyawan menilai pekerjaan mereka sebagai “kompleks” atau “sangat kompleks,” pengusaha harus dapat memberikan bantuan jika mereka ingin membuat karyawan bahagia.

  1. Mau Mendengarkan Keluhan

Dengarkan keluhan karyawan Anda. Penting untuk diingat bahwa mereka adalah seorang manusia. Jika masalah tempat kerja secara konsisten diabaikan, karyawan tidak akan bahagia. Anda dapat mendengarkan karyawan Anda dengan menjadwalkan pertemuan satu lawan satu atau sebagai tim, menawarkan survei, dan memberi karyawan saluran untuk menyuarakan pendapat mereka secara anonim.

  1. Buat Acara Gathering

Semua ide ini bagus untuk membantu satu karyawan dalam satu waktu, tetapi bagaimana Anda bisa membuat sejumlah besar karyawan bahagia? Atur acara. Tunjukkan kepada karyawan bahwa kantor itu bukan hanya tempat mereka bekerja selama delapan jam.

Acara seperti ini dapat meningkatkan modal sosial di kalangan pekerja, yang berkontribusi pada kebahagiaan karyawan. Ingat, acara tidak harus rumit atau mahal: membayar makan siang di ruang konferensi, pergi ke rumah makan setelah bekerja, atau menonton film bersama.

  1. Berikan Budaya Perusahaan yang Positif

Lingkungan sekitar memainkan peran besar dalam menciptakan kebahagiaan karyawan. Setiap orang harus lebih berupaya untuk tetap positif dan menghindari situasi yang dapat membuat orang lain merasa tidak nyaman.

Untuk melakukan ini, manajer harus mengatur suasana dan lingkungan yang bagus. Jamin dengan baik bahwa  masalah serius, seperti pelecehan seksual dan bentuk-bentuk intimidasi adalah hal yang tidak bisa ditoleransi sehingga karyawan satu sama lain bisa saling menghormati.

  1. Berikan Pelatihan Intensif dan Berkala

Terlepas dari pengalaman, selalu ada kurva belajar untuk karyawan baru. Perusahaan dapat membantu mengurangi stres dengan menawarkan pelatihan intensif untuk karyawan baru. Pelatihan dapat ditawarkan secara berkala setelahnya jika karyawan tertarik untuk melakukan pekerjaan penting lainnya.

Pelatihan intensif dan berkala membangun kepercayaan pada karyawan baru dan membantu karyawan saat ini memperluas keterampilan mereka. Ini menambah kepuasan karyawan, mengurangi tingkat turnover, meningkatkan inovasi, dan banyak lagi yang membangun kebahagiaan karyawan.

Jadi kebahagian di tempat kerja tidak harus melulu soal kenaikan gaji ya.. Meskipun tidak ada keraguan bahwa kenaikan gaji akan membuat karyawan bahagia, itu bukan satu-satunya hal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *