Apakah menjadi event organizer adalah pekerjaan yang Kamu impikan? Apakah Kamu ingin menjadi event organizer (EO)atau mungkin Kamu ingin memulai bisnis acara Kamu sendiri, namun Kamu tidak tahu cara memulainya?

Ketakutan sering menghambat orang dari merencanakan acara impian mereka, menyita waktu hanya untuk memikirkan acara saja namun tidak segera merealisasikannya. Mungkin Kamu merasa tidak cukup baik atau sepertinya Kamu akan terlihat bodoh jika tidak berjalan sesuai rencana?

Tetap dalam ketakutan hanya akan membuat Kamu terjebak tanpa momentum. Untuk Kamu yang ingin jadi event organizer, yuk ikuti kiatnya di bawah ini.

Trik untuk Menjadi Seorang Event Organizer yang Sukses

  1. Coba jadi volunteer dulu

Coba deh menjadi volunter untuk katering, toko bunga, di organisasi nirlaba, atau bekerja untuk event organizer yang mapan. Belajar di beberapa tempat bisa memberi Kamu keberhasilan jangka panjang.

Plan acara yang akan Kamu buat akan didasarkan pada pengalaman yang Kamu bawa ke klien Kamu. Itu berarti, jika Kamu berpikir untuk memulai sebagai EO, Kamu harus memahami apa yang dilakukan EO dan keterampilan apa yang dibutuhkan.

 

  1. Mengambil lebih banyak tanggung jawab

Menjadi manajer katering, atau pemimpin penggalangan dana untuk organisasi nirlaba, atau mengambil peran memimpin perencanaan di EO bisa menjadi ajang latihan Kmau, lho. Tentukan niche pasar Kamu dan fokus untuk mendapatkan pengalaman acara di bidang-bidang tersebut.

Kamu dapat menawarkan berbagai layanan yang lebih luas nantinya begitu Kamu sudah mapan. Tetapi menentukan niche membantu Kamu fokus pada jenis vendor yang tepat untuk diajak bekerja sama, tidak bingung menjalin hubungan dengan vendor, dan detail acara untuk direncanakan. Coba deh jawab pertanyaan di  Kamu:

 

  1. Bukan apa yang Kamu ketahui, tetapi siapa yang Kamu kenal

Dalam mengurus sebuah acara, jaringan adalah kunci untuk menjaring banyak potensial klien. Bagikan  kartu nama dan beri tahu semua orang bahwa Kamu adalah seorang EO. Kemanapun Kamu pergi, bagikan kartu nama dan kumpulkan informasi kontak untuk orang yang Kamu temui.

  1. Buat Portofolio Acaramu

Buatlah portofolio acara dengan memperlihatkan karyamu melalui foto, brosur, dan undangan acara yang telah Anda rencanakan. Atur setiap bagian agar dengan mudah menyajikan pengalaman Kamu dan berbagi ceritamu dalam menghanddle sebuah acara.

Keberhasilan Kamu sebagai EO didasarkan pada pengalaman dan pengetahuan acara Kamu. Apa satu langkah yang dapat Kamu ambil segera untuk bisa menjadi seorang EO?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *