Kamu mungkin berpikir bahwa mengirimkan CV atau resume umum untuk berbagai pekerjaan secara online adalah strategi melamar pekerjaan yang hebat. Tetapi jika mudah bagi Kamu untuk melamar, maka itu akan mudah bagi orang lain juga untuk melakukan hal yang sama sehingga kemungkinan Kamu akan bersaing dengan ratusan pencari kerja lain.

Jika Kamu berusaha untuk menonjol dari pelamar kerja lainnya, Kamu harus memiliki kesempatan yang lebih baik untuk bisa dipanggil ke tahap selanjutnya yakni, wawancara. Lima tips di bawah ini semoga dapat meningkatkan peluang keberhasilan Kamu saat mendaftar lamaran pekerjaan secara online:

Kiat Untuk Melamar Pekerjaan Secara Online

  1. Baca deskripsi pekerjaan dengan cermat

Pastikan Kamu memiliki keterampilan dan pengalaman yang dicari perusahaan. Pikirkan tentang cara agar Kamu menunjukkan keterampilan dan perilaku relevan yang diminta oleh perusahaan dan bagaimana Kamu dapat dengan jelas mengungkapkan hal ini dalam resume Kamu.

  1. Sesuaikan resume dan surat lamaran Kamu

Kamu harus menyesuaikan surat lamaran dan resume Kamu dengan perusahaan tertentu dan memastikan Kamu memasukkan kata kunci yang diminta dalam apply-anmu. Banyak perekrut online menggunakan program TI untuk memindai dan secara otomatis membuang aplikasi yang tidak memasukkan kata-kata tertentu. Jadi misal perusahaan meminta Kmau menuliskan kode “CW” di subjek email, maka Kamu harus patuhi itu.

  1. Isi setiap bidang dalam surat lamaran

Ini adalah cara mudah untuk memberikan informasi sebanyak mungkin sambil menunjukkan minat dan antusiasme Kamu terhadap pekerjaan itu. Perhatian terhadap detail sangat penting untuk memastikan lamaran Kamu lengkap dan bebas dari kesalahan.

  1. Tinjau profil media sosial Kamu

Jika Kamu melamar pekerjaan secara online, pastikan Kamu sosial media Kamu membawa aura yang positif. Banyak perusahaan akan mencari Kamu secara online untuk memverifikasi klaim dalam lamaran Kamu. Kamu harus memeriksa pengaturan privasi media sosial Kamu untuk memastikan perusahaan tidak dapat mengakses informasi apa pun yang tidak ingin dilihat oleh perusahaan.

  1. Periksa ulang resume dan surat lamaran

Kamu harus memeriksa kembali  kesalahan pengejaan, isi dan tata bahasa. Tinjau kembali lamaran Kamu sebelum Kamu mengirimkannya. Setelah Kamu mengklik ‘kirim’, informasi Kamu dikirim langsung ke perusahaan, jadi tinjau kembali dengan hati-hati.

Kalau Kamu mau melamar pekerjaan secara online, perhatikan kiat-kiat di atas ya supaya tidak kecewa pada akhirnya. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *