Buat-Video-Marketing-Murah-MeriahVideo company profile merupakan salah satu media komunikasi sebuah perusahaan ataupun bisnis. Berbeda dari printed company profile yang berupa tulisan dan dicetak, maka video company profile lebih mudah dinikmati informasinya. Penayangan video company profile biasanya dilakukan saat tertentu dan ditayangkan pada tempat khusus. Misalnya disematkan di website perusahaan ataupun channel YouTube resmi miliknya. Sering juga diputar saat acara seremonial maupun launching produk. Jika Anda hendak membuat video company profile, perhatikanlah beberapa hal paling mendasara berikut ini.

– Persiapkan Konsep Dasarnya

Karena video company profile adalah media resmi sebuah perusahaan, maka harus dibuat atas rancangan yang baik sehingga pesan bisa tersampaikan kepada khalayak yang menontonnya. Yang perlu disusun dengan mantap adalah soal image apa yang ingin dibangun, pesan apa yang ingin disampaikan dan sebagainya. Dengan menyusun konsep berdasarkan pertanyaan-pertanyaan mendasar ini, maka script video bisa disusun sebagai jawabannya.

– Rencanakan Dengan Matang Apa Isi Video

Isi dari video company profile bisa saja dari versi cetaknya. Hal ini lebih sederhana. Namun ada juga perusahaan yang membuat konten video berbeda dari versi cetaknya. Hal ini mungkin agar ada sisi menarik tersendiri dari video tersebut.

Soal apakah dalam video company profile harus menampilkan manjemen ataukah tidak, maka pertimbangkan kemungkinan adanya pergantian manjemen. Kalau memang top manajemen hadir dalam video, maka ketika terjadi pergantian pemimpin perusahaan, otomatis video company profile-nya pun harus diperbarui. Akan tetapi secara mendasar memang video profil perusahaan haruslah diperbarui minimal setahun sekali. Jadi bukan masalah kalau di dalamnya memuat tim manajemen.

– Perhatikan Durasi, Jangan Terlalu Lama

Tak ada batasan pasti berapa lama sebainya durasi sebuah video profil perusahaan. Namun menurut sebagian pebisnis, sebaikmya tak lebih dari 2,5 menit. Durasi ini dianggap sedang-sedang saja. Tidak terlalu cepat sehingga pesan kurang maksimal, juga tidak bertele-tele hingga membuat pemirsanya bosan.
Jika memang harus agak panjang, maka isi dari video haruslah menarik dan memikat. Jangan terlalu lurus sehingga kurang santai, jangan pula terlalu santai sehingga mengesankan perusahaan Anda kurang profesional.

– Aspek Audio Video Harus Seimbang Dan Menarik

Dua hal ini tentunya sangat penting dalam pembuatan video company profile. Karena sifatnya teknikal maka kesesuaian menit per menit bahkan detik perdetiknya harus diperhatikan. Tetapi elemen video sebagai tampilan visual sebenarnya sangat menentukan tersampaikannya pesan kepada penonton. Bahkan sebuah video yang baik meskipun tanpa suara akan mampu menyampaikan informasinya kepada penonton.

Namun aspek audio pun tak kalah pentingnya. Setelah tampilan visual yang bagus, maka audio juga harus menunjang. Entah itu suara VO-nya ataupun suara musik latar. Harus bisa memilih dan menambah kuatnya pesan dari visualisasi yang ditampilkan.

Itulah beberapa hal mendasar yang harus Anda perhatikan ketika akan membauat video company profile. Pastikan pembuatannya memanfaatkan tangan-tangan orang yang berpengalaman di bidang videografi. Untuk itu tak perlu jauh-jauh, Mas Bos Multimedia siap menjadi mitra Anda dalam membuatkan video company profile.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *