Pernah tidak Kamu merasa bosan dalam bekerja? Melakukan kegiatan yang sama setiap harinya, tapi jika tidak bekerja, kebutuhan hidup sehari-hari tidak tercukupi. Wah, jadi bingung ya harus bagaimana. Tenang! Untuk Kamu yang bosan bekerja, ada 5 trik untuk atasi rasa bosanmu di kantor. Dicoba yuk tipsnya!

Trik Mengatasi Bosan Bekerja

  1. Hiasi ruang mejamu

Kamu akan terkejut betapa lingkungan dapat memengaruhi suasana hati Kamu.Warna-warna cerah seperti biru, hijau, kuning dan merah akan meningkatkan fokus, produktivitas, dan suasana hati Kamu, menjaga energy Kamu sedikit lebih tinggi ketika Kamu mulai merasakan kebosanan. Meletakkan foto-foto orang yang dicintai juga akan selalu membuat Kamu tersenyum dan kembali semangat.

Kamu juga dapat menambahkan segala macam hal lain, mulai dari ornament lucu dan alat tulis berwarna hingga kalender komedi dan tanaman. Memberi diri Kamu hal-hal lain untuk dilihat secara tidak sadar akan membuat otak Kamu tetap aktif alias, tidak bosan.

Jelas, jika Kamu sedang sibuk bekerja, maka trik satu ini tidak akan benar-benar cocok tetapi perubahan yang konstan di lingkungan seharusnya cukup untuk menggetarkan indera dan membuat Kamu tetap bisa mengendalikan rasa bosanmu di kantor.

  1. Beritahu atasan Kamu.

Jika Kamu bosan, Kamu mungkin tidak merasa cukup tertantang di tempat kerja, jadi coba deh beritahu atasan Kamu itu! Atasan mungkin memiliki beberapa ide hebat tentang cara untuk member Kamu sedikit lebih banyak tanggungjawab, bahkan mungkin di area yang saat ini tidak Kamu ikuti.

Ia akan lebih suka mendengar dari Kamu tentang ambisi dan potensi Kamu yang sebenarnya daripada dibebani dengan anggota staf yang bosan dan terlalu diremehkan. Semakin banyak tanggung jawab yang Kamu miliki, semakin besar tantangan yang akan Kamu rasakan dan semakin sedikit risiko kebosanan! Tetapi jika Kamu tidak bertanya, Kamu tidak akan pernah tahu.

  1. Tetapkan target Kamu (dengan reward)

Rasa bosan itu bisa muncul karena sebuah kemungkinan. Kemungkinannya adalah, Kamu sudah memiliki seperangkat target ‘gambaran besar’ yang sudah Kamu capai di tempat kerja. Jadi coba deh buat lagi target-target Kamu yang baru dengan reward jika Kamu berhasil melakukannya. Target itu akan membantu Kamu untuk tetap focus dan tetap termotivasi.

 

Setelah menyelesaikan setiap target kecil, berikan diri Kamu reward kecil untuk menjadikan semuanya bermanfaat. Reward tidak harus yang mahal, bisa berupa sesuatu yang sederhana seperti istirahat 5 menit untuk memeriksa telepon Kamu, meregangkan kaki Kamu atau berjalan-jalan kecil di sekitar akntor.

Kamu akan secara tidak sadar bekerja lebih keras saat Kamu menantikan reward kecil Kamu dan merasa bangga ketika Kamu menyelesaikan tugas!

  1. Beristirahat

Beristirahat sejenak bisa jadi salah satu reward Kamu untuk menyelesaikan tugas dan istirahat sejenak akan menghentikan Kamu dari kebosanan, membantu Kamu menyimpan informasi dan memungkinkan Kamu menilai sasaran dengan lebih efisien. Dan ide-ide terbaik cenderung muncul ketika Kamu paling tidak mengharapkannya!

  1. Dengarkan musik.

Oke, jadi Kamu punya tugas yang sangat membosankan untuk dilakukan …Bisakah Kamu mendengarkan music untuk membuatnya sedikit lebih menyenangkan? Atau mungkin podcast? Atau video?

Pastikan pilihan music Kamu masuk akal. Lirik bisa mengalihkan perhatian Kamu terutama jika Kamu tahu kata-katanya, lagu-lagu cepat bisa membuat Kamu panic dan lambat, lagu-lagu sedih bisa membuat Kamu merasa emosional, lamban dan bahkan lebih bosan! Jadi cari lagu yang bisa membuat Kamu merasa semangat kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *