Menganggur memang membawa hambatan, gangguan, frustrasi, stress dan tentu bisa menjadi tantangan untuk tetap produktif saat Kamu menganggur. Namun, dengan penerapan kebiasaan yang baik, Kamu bisa lho tetap produktif walau belum dapat pekerjaan.

Di bawah ini, Kamu akan menemukan 4 kebiasaan baik untuk membantu Kamu memanfaatkan waktu sebaik-baiknya setiap hari  terlepas dari pasang surut Kamu.

Tips untuk Tetap Produktif Walau Masih Menganggur

  1. Dorong Diri Kamu untuk Maju

Peluang yang Kamu miliki bisa jadi merupakan variasi dari pemikiran berikut ini:

Kamu mungikn menjadi frustrasi ketika Kamu memulai pencarian kerja yang panjang yang diisi dengan penolakan. Tapi, jangan buang waktu Kamu dengan membiarkan pikiran di atas terus berjalan, tanpa mengatakan yang sebenarnya kepada mereka. Ingatkan dirimu sendiri:

Butuh beberapa waktu untuk percaya dan menerima hal-hal ini, tetapi itu adalah kebenaran. Dan, Kamu harus mengatakannya kepada pikiran-pikiran yang merusak itu, sehingga tidak mempengaruhi produktivitas Kamu.

  1. Rencanakan Daily Job Search Kamu dan Bangun Pola

Dalam pencarian pekerjaan, tujuan utamanya adalah: untuk mendapatkan tawaran pekerjaan sesegera mungkin. Namun, Kamu dapat memecah tujuan ini menjadi tugas harian yang mudah dikelola.

Hari ini, misalnya, tujuan Kamu mungkin: mempersiapkan resume dan surat lamaran Kamu untuk posisi terbuka dan mengidentifikasi dan meneliti 3 perusahaan lain yang menarik.

Namun, setelah merencanakan tujuan Kamu hari itu, Kamu juga harus mengambil tindakan. Untuk memastikan Kamu melakukannya, mengatur jadwal membantu.

 

Tentukan bagian mana dari hari Kamu yang akan Kamu dedikasikan untuk mencari pekerjaan dan berapa lama. Kamu akan menentukan ini berdasarkan kehidupan dan situasi Kamu. Contoh: Setiap pagi dari jam 8 pagi – 1 siang (atau sore dari jam 2 siang – 7 malam), saya akan mempersiapkan semua kebutuhan untuk melamar pekerjaan.

  1. Jangan suka menunda-nunda

Kamu pasti menghadapi beberapa ketakutan dalam pencarian kerja seperti takut ditolak, takut gagal, dan takut pengangguran jangka panjang. Waspadalah! Ketakutan ini, tidak diragukan lagi, dapat memengaruhi kemampuan Kamu untuk melakukan apa yang perlu Kamu lakukan.  Kamu dapat mengatasi jenis penundaan pengangguran ini dengan:

  1. Mengenali Ketakutan Kamu.
  2. Menjadwalkan Periode Perencanaan dan Pengorganisasian.
  3. Mengambil Tindakan.

 

  1. Ikut Skill-Building Melalui Kegiatan yang Menarik.

Membangun dan meningkatkan keahlian Kamu melalui proyek yang menarik adalah kebiasaan baik lainnya untuk produktivitas. Ketika Kamu mempelajari keterampilan baru, Kamu tumbuh secara profesional dan secara pribadi.

Dan, ada manfaatnya: belajar keterampilan baru membuat Kamu lebih pintar dan lebih bahagia. Skill building juga memberi energi pada Kamu. Luangkan waktu untuk mencari tahu apa yang Kamu minati dan ingin pelajari. Buat komitmen untuk belajar.

 

Jadi, masihkah Kamu merasa bahwa pengangguran tidak bisa belajar produktif? Yuk, perbaiki pola hidupmu mulai sekarang juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *