agar-Video-Marketing-Tak-Menguras-Biaya

Bagaimana kabar promosi bisnis Anda? Sudahkah menerapkan video marketing sebagai salah satu senjata pemasarannya? Kalau sudah, seberapa efektifkah dan sudahkah Anda evaluasi tingkat keberhasilannya? Kalaupun belum membuahkan hasil maksimal, jangan putus asa. Kali ini ada tips agar video marketing anda menarik namun murah alias tak menguras biaya. Siapa tahu setelah Anda terapkan berhasil.

  1. Siapkan Dana Dan Pilihlah Opsi Paling Tercapai

Masalah utama untuk promosi memang dimana-mana sama, soal dana. Untuk menghasilkan video marketing yang menarik dan rutin diunggah di YouTube sebenarnya Anda tak perlu membikin studio sendiri jika memang dananya belum tersedia. Karena dari studio Anda akan dituntut untuk membentuk kru dan membeli peralatan.

Namun dengan dana terbatas sebenarnya Anda pun bisa menghasilkan video setiap minggunya. Pengambilan gambar tanpa studio pun bisa dilakukan. Dan hanya bisa dialokasikan untuk mendapatkan kamera yang bagus. Bahkan dengan opsi menyewa perlengkapan video shooting Anda pun masih bisa menghasilkan video marketing.Tentunya lebih murahkan?

  1. Cari Cerita Paling Kreatif dan Menarik Untuk Video Anda

Video pertama Anda memang harus bercerita tentang siapa dan bagaimana perusahaan Anda. Namun untuk selanjutnya Anda perlu membuat konten yang membuat konsumsen kian percaya dan dekat dengan brand Anda. Ceritakan tentang proses produksi, hingga distribusi maupun penggunaan produk yang Anda pasarkan.

Termasuk di antaranya adalah jika ada konsumen yang memakai produk Anda secara berbeda. Lakukan juga wawancara dengan tokoh tertentu yang terkenal dan Anda minta mencoba produk Anda. Testimoni seperti ini akan menambah rating perusahaan Anda.

  1. Bukan Hanya Produk Saja, Anda pun Harus Memperlihatkan Diri

Bukan hanya berisi penjelasan produk dan keunggulannya, Anda sebagai pemilik atau pemimpin pun harus muncul dan dikenal calon konsumen. Libatkan pula konsumen yang telah memakai produk Anda dan puas dengannya. Sisipkan pula sesi di mana rekanan bisnis Anda berpendapat tentang diri Anda.

  1. Singkat, Sederhana, Sarat Pesan

Mungkin banyak hal yang ingin Anda rangkum dalam sebuah video marketing perusahaan Anda. Namun perhatian pemirsa dan kuota mereka (jika video diunggah di YouTube) tidaklah sepanjang video Anda. Jadi, untuk video promosi memang harus singkat, padat, namun menarik. Sulit bukan? Karena pada dasarnya video promosi memang tak jauh beda dengan iklan, sedang orang cenderung tidak suka iklan.

Video berdurasi 1 menit terbilang sudah panjang, jadi usahakan bagian editing benar-benar handal soal pembuatan video ini. Kecuali jika memang ada penonton yang meminta agar video Anda lebih panjang, hal itu bisa dipertimbangkan.

  1. Selalu Sisipkan Sesuatu Yang Membuat Penonton Tertarik

Jangan biarkan akhir video Anda kosong. Selalu tambahkan call to action pada penonton. Tidak harus melulu soal produk, tapi bisa ajakan untuk menjawab, ajakan mengunjungi website perusahaan Anda untuk mendapat informasi promosi dan sebagainya.

  1. Pilih Tempat Menyebar Video Marketing Yang Tepat

YouTube  dan media sosial adalah lokasi paling mudah dan efektif untuk mengunggah dan menyebar video promosi Anda. Selain gratis, pengguna platform tersebut sangat banyak. Selain itu muat juga video ke website Anda. Bisa juga sematan video YouTube tersebut Anda pasang di website, sehingga tidak memakan ruang di hosting Anda.

  1. Analisa Video Anda DenganTepat

Setelah membuat, mengunggah dan menyebarkan video marketing, maka langkah Anda selanjutnya adalah melakukan evaluasi dan analisa terhadap video Anda. Apakah banyak ditonton atau tidak, dan berapa lama pengguna menonton video Anda.

Namun jumlah tayangan belum cukup untuk menjadi ukuran keberhasilan video Anda. Karena itu telitilah juga durasi penonton memutar video Anda. Fitur di YouTube sudah bisa seperti ini. Jika memungkinkan Anda teliti lagi berapa penonton yang memutar ulang video Anda.

Itulah 7 tips yang bisa Anda terapkan agar video marketing semakin menarik tanpa harus mengeluarkan biaya super besar. Kesulitan membuat sendiri? Konsultasikan saja dengan MasBos Multimedia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *