3-Cara-Membuat-Foto-Berlatar-Belakang-Bergerak-Plotagraph

Pernah lihat foto teman kalian yang bagian latar belakang atau beberapa bagiannya nampak bergerak seprti video atau Gif sedang yang bagian lain diam? Itulah yang disebut dengan efek Poltagraph yang memang lagi ngehits di banyak kalangang pengguna smartphone. Nah, kali ini kita akan mengulas 3 cara membuat foto berlatar belakang bergerak atau efek plotagraph di ponsel.

Cara membuat efek tersebut sebenarnya mudah saja. Tetapi bagi pengguna smartphone dengan basis Android perlu trik tersendiri untuk membuat latar belakang yang bergerak. Soalnya aplikasi smarphone-nya baru support untuk produk Apple seperti iPhone dan iPad, Windows, dan Mac serta Linux. Tetapi ada cara tersendiri kok buat menyiasati yang Android.

1.Membuat Foto Efek Plotagraph di Ponsel iPhone

Untuk kamu yang punya iPhone atau iPad, cara membuat efek Plotagrah adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Plotagraph. Selanjutnya tekan tanda plus dan mulailah pengeditan

Diawali dengan memilih foto yang akan diedit lalu pilihlah area yang akan dijadikan bergerak. Tombol anchor untuk membuat titik, atau tombol mask untuk mengarsir.  Besar kecilnya kuas arsiran bisa diatur dengan tombol di sebelah kiri layar. Jika terjadi kesalahanm gunakan tombol Eraser untuk menghapus arsiran.

  1. Bentuk Arah Gerakan

Selanjutnya tekan tombol Animate untuk mulai memberikan efek gerak. Tempatkan jari pada area yang sudah diarsir lalu geser ke arah yang diinginkan. Muncul tanda panah mengikuti jarimu. Jika ingin menghadpus tanda panah yang sudah dibuat, takan tombol Select dan tekan pada tanda panah yang ingin dihapus, lalu tekan tombol Delete di kiri layar. Kecepatan gerak bisa diatur lewat tombol Speed, sedang luas gambar bisa diatur dengan tombol Crop.

  1. Share dan Save

Setelah selesi, kamu bisa pilih tombol Share jika ingin berbagi ke media sosial. Bisa juga tekan tombol Save to Camera Roll agar gambar tersimpan ke salam ponsel. Selesai. Mudah bukan?

Untuk menggunakan aplikasi Plotagraph di ponsel dengan mengunduhnya di App store kamu harus bayar Rp75.000.

2. Cara Membuat Efek Plotagraph Gratis di Android

contoh-plotagraph-keren

Aplikasi Plotagraph di ponsel hanya support untuk iOS. Tapi buat kamu yang pakai Android nggak perlu susah, trik berikut ini akan membuat kamu punya foto efek plotagraph yang bahkan gratis. Ikuti langkahnya berikut ini.

  1. Akses Langsung Situsnya dan Daftar

Buka browser Chrome di androidmu lalu akses situs situs https://www.plotagraphs.com/. Selanjutnya lakukan registrasi pembuatan akun. Selanjutnya cek email dan lakukan aktivasi akun. Setelah itu kamu bisa langsung login ke akunmu di Plotagraph.

  1. Mulai Editing Foto

Setelah masuk ke Plotagraph pilih opsi Plotagraph dan iktui proses unggah fotomu. Setelah foto pilihanmu selesai di-upload tekan tombol Create. Selanjutnya akan muncul area pengeditan seperti dalam aplikasi iPhone tadi. Tapi karena ini gratisan, beberapa fitur tidak bisa difungsikan. Tetapi fitur yang ada sudah cukup untuk membuat foto berlatar belakang bergerak.

Untuk mengedit tekan tombol panah, akan muncul opsi Direct atau Lasso selectuon tool. Tekan tombol Animate, muncul tiga opsi. Pilihlah Animation Point untuk membuat titik geraknya. Gunakan pilihan Stabilizier Point untuk membuat area yang bergerak, dan Delete Point untuk menghapus titik yang kurang tepat. Kecepatan gerak bisa diatur dengan menekan tombol Animate, sedang luasa n gambar diatur dengan menekan Crop.

  1. Share dan Download

Bila proses editing sudah selesai, tekanlah tombol share lalu pilih Custom Export. Atur jenis file, frane, codec dan kualitas video, setelah itu tekan tombol Export, lalu My Export. Setelah beberapa saat akan muncul keterangan besarnya file dan tombol unduhan.

Kalau ternyata terjadi error atau gagal mengunduh, atau tidak bisa diunduh maka bisa diakali dengan Share. Bagikan foto Plotagraph hasil editanmu ke WA temanmu lalu minta ia mengirimkannya ke WA-mu. Nah, dari WA kamu bisa mengunduh foto Plotagraph karyamu.

Cara Membuat Efek Plotagraph Dengan Aplikasi Alternatif

Selain dengan mengakses langsung situsnya, kamu juga bisa membuat foto dengan latar belakang bergerak dengan aplikasi lain yang gratis namun memiliki efek sama. Namanya Loopsie. Kamu hanya perlu mengambil gambar dengan aplikasi ini, lalu menyentuh dan memilih objek yang ingin dibuat bergerak, lalu simpan.

Itulah 3 cara membuat foto berlatar belakang bergerak di ponsel baik iPhone maupun Android. Bisa dengan Plotagraph maupun dengan aplikasi alternatif. Silakan dicoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *