Windows-Vs-MacBook-Untuk-Desain-Grafis

Apple dan Microsoft, dua raksasa sistem operasi ini seakan tak hentinya bertarung dengan segala inovasi. Namun sebenarnya masing-masing sudah menahbiskan diri dalam memolih sasaran pemasaran mereka. Apple identik dengan kalangan menengah ke atas danb profesional, sedangkan Windows adalah OS yang merakyat. Tapi soal Desain Grafis, sebenarnya mana yang unggul antara Windows Vs Macbook?

Dengan teknologi dan keunggulannya maka tak heran banyak kalangan rela membeli produk Apple yang rata-rata mahal. Tetapi saat ini laptop Windows pun sebenarnya sudah ada yang kualitas desain grafisnya menyaingi Macbook.  Pesaing MacBook dari Laptop Windows saat ini adalah Asus Zenbook Pro dan Dell Inspiron XPS 15.

Adu Spesifikasi MacBook Pro Vs Asus dan Dell

Dalam hal desain grafis, dari kalangan Windows diwakili dengan dua jagoannya yaitu Asus Zenbook Pro dan Dell XPS 15. Kedua laptop ini telah dibekali dengan prosesor Intel Core i7. Untuk Zenbook menggunakan 4720HQ, sedangkan Dell memakai 6700 HQ. Soal layar, Asus memiliki ukuran 15,6 inci dengan teknologi IPS serta resolusi tinggi mencapai 3840 x 2160 piksel.

Agak lebih rendah dari Asus, Dell menggunakan resolusi lebih rendah. RAM-nya pun hanya 8GB, separuh dari Asus yang dibekali RAM 16 GB. Adapaun baterai, Dell memiliki baterai berkapasitas 56 Wh. Sedangkan Asus mempunyai baterai 96 WH dengan bobot mencapai 2,27 kg.

Beralih ke Macbook. Perangkat handal ini memiliki layar ukuran 15,4 inci dan resolusinya 2880 x 1880 LED Retina Display. Prosesornya mengandalkan Intel Core i7 juga, dengan kecepatan 2,2 GHz dan RAM mencapai16 GB. Memori dalam MacBook mencapai 256 GB. Ukuran dimensi pesawat 35,89 x 24,71 x 1,8 cm. Macbook juga lebih ringan, yaitu 2,02 Kg. Baterai Macbook yang 95W itu kuat hingga 8 jam

Kualitas Layar Macbook Vs Asus dan Dell

Memang kelebihan Apple juga pada layarnya yang LED Retina Display. Dengan layar ini maka tampilan warna menjadi lebih hidup dibanding layar konvensional. Tetapi layar Laptop sekelas Zenbook Pro yang sudah berukuran 4K juga mampu menyaingi MacBook.

Agak unggul warna pada Asus diperkuat dengan teknologi IPS sehingga warnanya lebih natural. Ditambah laptop tersebut juga sudah menerapkan teknologi layar sentih sehingga lebih mudah dioperasikan.

Performa MacBook Vs Asus dan Dell

Dalam segi performa, dengan dukungan prosesor, RAM, kapasitas memori plus pengolah grafis, MacBook sangat mumpuni mengerjakan berbagai tugas desain grafis.

Hal itu juga ternyata mampu disaingi oleh ZenBook yang menyediakan spesifikasi nyarus sama. Prosesor ZenBook mampu memacu kecepatan hingga 2,6 GHz. Penyimpananya yang ingin memiliki ruang hingga 500 GB sudah dua kali lipat MacBook. Bahkan produk terbaru kini sudah mulai melirik penyimpanan ekstra besar mencapai 1 TB.

Cara Pengoperasian MacBook Vs Pengoprasian Laptop Windows

Macbook memang lebih sering digunakan oleh kalangan menengah alias para desainer profesional. Karena itulah mereka lebih akrab. Bagi yang sudah terbiasa selama ini pakai Windows, maka harus beradaptasi. Namun bagi kamu yang mementingkan sisi user friendly maka windows adalah pilihan paling tepat.

Dari segi aplikasi yang digunakan untuk mengerjakan desain grafis, MacBook lumayan merepotkan karena penggunanya harus membeli aplikasi tersebut. Ada juga sistem sewa lisensi, misalnya aplikasi Adobe CC.

Berbeda dengan Windows yang sangat mudah mendapatkan aplikasinya baik yang berbayar, maupun yang sudah di-crack. Aplikasi yang sudah di-crack untuk MacBook memang ada, namun jumlahnya sangat sedikit dan sulit juga didapatkan.

Harga MacBook Vs Laptop Windows

Benarlah yang dikatakan banyak orang bahwa produk Apple memang dikhususkan kalangan menengan ke atas, kalangan profesional. Sehingga harganya pun terbilang sangat mahal. Laptop MacBook 15 Inco saat ini harganya sekitar Rp25 juta.

Tetapi laptop Windows sekelas Zenbook dan Dell pun harganya juga mendekati jumlah itu. Seperti kemampuan yang dijanjikan, harganya tetap lebih murah ketimbang produk Apple. Untuk ZenBook harganya masih di bawah Rp15 juta.

Nah, ingin menggarap desain grafis menggunakan MacBook ataukah Laptop Windows seperti ZenBook dan Dell? Silakan, terserah pilihan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *